Beli Rumah KPR Untung Atau Buntung, Cek Jawabannya Disini

Beli Rumah KPR Untung Atau Buntung, Cek Jawabannya Disini

Beli rumah KPR untung atau buntung ? Mari kita bahas satu persatu dikesempatan kali ini.  KPR atau kredit pemilikan rumah merupakan suatu sistem yang dibuat agar banyak orang lebih dimudahkan untuk memiliki sebuah unit hunian.

KPR atau kredit kepemilikan rumah memang sudah sangat dikenal masyarakat, terutama untuk mereka yang menginginkan sebuah unit hunian dengan cara kredit. Kredit pintar yang dieluh-eluhkan masyarakat ini dianggap sangat membantu sekali untuk perihal kepemilikan rumah.

Hingga kini berbagai perusahaan jasa keuangan membuka sistem KPR untuk menjawab permasalahan mahalnya harga unit hunian dari tahun ke tahun. Banyaknya variasi jasa keuangan yang menawarkan sistem KPR membuat banyak orang semakin tergiur untuk segera memiliki rumah.

Meskipun KPR atau kredit pemilikan rumah terlihat sangat membantu, ternyata KPR juga memiliki kelemahan yang jarang diketahui orang banyak. Mari kita lihat apakah benar beli rumah KPR untung atau buntung, cek jawabannya disini.

Pertama-tama mari kita ulas keuntungan memilih rumah secara KPR.

Tidak Perlu Memiliki Banyak Uang

Dengan memilih rumah secara KPR kita tidak diharuskan memiliki sejumlah uang yang besar sekaligus. Sistem KPR biasanya membutuhkan uang muka atau DP sekitar 15-30% dari harga rumah yang ingin kita kreditkan.

Contoh jika Anda ingin memiliki rumah dengan harga 1 milyar rupiah, maka 15% x 1.000.000.000 = 150.000.000.

Jadi uang muka yang harus Anda bayarkan adalah sejumlah 150 juta rupiah untuk menempati rumah dengan harga 1 milyar.

Sangat menggiurkan sekali bukan, dengan harga yang relatif rendah Anda sudah bisa menempati hunian mewah.

Dapat Menyesuaikan Kemampuan

Salah satu keuntungan dari memilih rumah secara kredit adalah kita dapat menyesuaikan biaya cicilan perbulan dengan kemampuan kita. Anda hanya perlu menghitung secara cermat berapa penghasilan Anda dan berapa yang mampu Anda bayarkan untuk cicilan perbulannya.

Namun perlu sekali untuk Anda ingat bahwa semakin kecil biaya cicilan perbulan dan panjang waktu tenornya, maka akan semakin tinggi juga harga rumah tersebut. Diperlukan perhitungan yang cermat untuk memilih rumah secara KPR, jangan sampai-sampai kredit macet ditengah masa cicilan, karena akan berakibat fatal.

Legalitas Rumah Terjamin

Legalitas Rumah Terjamin

Kelebihan memilih rumah secara KPR  adalah terjaminnya legalitas unit hunian tersebut. Biasanya sebelum melakukan transaksi sebuah perusahan jasa keuangan akan mengcross check unit bangunan serta dokumen penting lainnya.

Pengecekan ini juga melibatkan BPN atau Badan Pertanahan Nasional, oleh karena itu Anda tidak perlu khawatir jika memilih rumah secara KPR, karena kemungkinan terjadinya masalah dikemudian hari menjadi sangat minim.

Dapat Perlindungan Asuransi

Dapat Perlindungan Asuransi

Menjadi hal positif ketika Anda memilih rumah secara KPR, karena biasanya rumah yang dibeli dengan sistem KPR akan mendapatkan asuransi.

Berapa biaya asuransi perbulannya ?? Tenang, Anda tidak perlu khawatir, karena seharusnya biaya cicilan yang Anda bayarkan setiap bulannya sudah termasuk biaya asuransi.

Kemudian asuransi apa yang Anda terima ? Asuransi yang Anda terima apabila Anda memilih rumah secara KPR adalah asuransi kebakaran.

Kerugian Memilih Rumah Secara KPR

Biaya Uang Muka Terlalu Tinggi

Bayangkan uang muka untuk mendapatkan suatu rumah dengan harga 1 milyar rupiah, Anda harus membayar DP sebesar 150 – 300 juta rupiah. Semakin tinggi harga unit hunian maka semakin tinggi juga harga uang muka yang harus dibayarkan untuk mendapatkan unit hunian tersebut.

Hal ini perlu dipikir ulang untuk memilih rumah secara KPR agar Anda tidak menyesal dikemudian hari.

Harga Hunian Menjadi Semakin Mahal

Bukan rahasia lagi bahwa barang yang dibeli secara kredit akan menjadi lebih mahal ketimbang kita membeli dengan cara cash/tunai. Coba Anda pikirkan, jika Anda membeli rumah A secara cash hanya 500 juta rupiah, sedangkan apabila Anda melalui KPR mungkin saja rumah tersebut menjadi 600 juta atau bahkan lebih tinggi lagi.

Apakah Anda rela ?

Kemungkinan Rumah Disita

Kemungkinan Rumah Disita

 

Jika Anda lebih memilih rumah secara kredit ketimbang dengan cash, maka bersiaplah kemungkinan terburuk akan terjadi pada Anda. Apabila Anda mengalami kredit macet hingga melebihi jangka waktu yang sudah ditetapkan sebelumnya, maka rumah Anda memungkinkan disita oleh pihak pemberi pinjaman.

Itu dia untung ruginya memilih rumah secara KPR, sudahkah Anda menemukan solusi yang terbaik untuk memiliki unit hunian impian Anda ? Pemikiran yang matang dengan perhitungan yang cermat sangat diperlukan sekali untuk menentukan suatu kepemilan unit hunian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *