REFERENSI DESAIN MUSHOLA AGAR IBADAH SEMAKIN NYAMAN

Setiap muslim memang gak diwajibkan untuk memiliki mushola di rumahnya. Tapi alangkah baiknya untuk membuat space tersendiri untuk beribadah. Hal ini untuk menjamin kebersihan dan juga kesucian tempatnya, maka dari itu banyak orang yang sengaja membuat ruangan terpisah untuk beribadah.

Karena rumah bukan sekedar tempat untuk pulang, tapi juga harus bisa dijadikan sebagai tempat ibadah yang nyaman. Apalah arti dari rumah mewah bila tak ada mushola? Mushola ini juga bisa sebagai pengingat kita dalam beribadah dan mungkin setiap melewati mushola, gak mungkin kita sengaja meninggalkan solat.

Buat yang sedang renovasi rumah atau sedang bangun rumah, kali ini kita akan kasih kalian referensi desain-desain unik untuk membuat mushola agar lebih nyaman

1.Memanfaatkan Gazebo

Gazebo biasanya dimiliki oleh rumah-rumah yang luas dengan halaman di bagian belakang. Jika Gazebo ini jarang terpakai, bisa kamu jadikan sebagai mushola terbuka. Selain bisa dipakai untuk pribadi, mushola seperti ini juga bisa gunakan untuk keraba atau tamu yang datang ke rumah.

Apalagi jika dipinggir gazebo terdapat kolam kecil, sehingga setiap percikan airnya bisa membuat perasaan jadi lebih tenang ketika sedang beribah. Agar semakin maksimal dalam pembuatan mushola ini, cobalah buat tempat wudhu di sampingnya menggunakan batu-baru kolam serta penggunaan ubin batu.

2.Mushola etnik

Banyak rumah yang masih mengusung desain dengan penggunaan kayu jati didalamnya. Biasanya desain rumah ini masih berkonsep jadul, meskipun yang sudah modern pun banyak. Untuk mendapatkan konsep mushola yang mirip dengan rumah, jangan lupa untuk tambahkan setiap ornament ukiran kayu dari mulai cermin, pintu dan hiasan lainnya.

Jangan lupa untuk pakai karpet etnik, untuk mendukung suasana yang lebih tradisional. Biasanya terdapat juga kaligrafi yang mempercantik dinding sehingga kesan etnik semakin nyata.

3.Konsep mushola terbuka

Konsep mushola seperti ini gak jauh beda seperti konsep gazebo. Hanya yang menjadi perbedaannya yaitu, mushola ini masih berada di dalam rumah namun menghadap ke arah luar. Sehingga dibuat celah pada dinding atau dinding yang dijebol agar cahaya bisa masuk secara bebas dan sirkulasi udara pun menjadi lebih lancar.

Sehingga mushola ini tampak lebih terang dan terkesan lebih luas. Pastikan untuk memilih warna cat yang terang dan cobalah memakai vinyl agar lantai lebih adem.

4.Menyatu dengan kamar tidur

Meskipun rumah yang sedang kamu tinggali punya ukuran yang terbatas, gak ada alasan untuk membuat konsemp mushola yang menyatu pada kamar tidur. Mushola seperti ini bisa menjadi pilihan bila kamu sering melakukan tahajud di tengah malam. Sehingga kamu gak perlu jauh-jauh ke mushola di malam hari. Untuk membuatnya tampak lebih rapi dan bersih, jangan lupa diberi skat pada bagian yang akan ditempati untuk solat. Dengan begitu tempat pun akan lebih nyaman dan bersih juga tak terganggu oleh anggota keluarga lain yang sedang berada di kamar

5.Mushola warna earth tone

Warna earth tone memang gak pernah salah apalagi bila di jadikan konsep untuk mushola. Dengan warna yang soft ini bisa membuat suasana lebih hangan serta bisa meneduhkan hati. Warna ini juga cocok buat kamu yang suka desain simple dan gak neko-neko. Tinggal tambahkan kaligrafi atau pajangan dinding lainnya.

 

Nah itu dia 5 desain mushola yang bisa dijadikan inspirasi kedepannya bila kamu punya rumah idaman. Dengan adanya mushola inipun diharapkan para penghuni rumah bisa semakin rajin dalam beribadah.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *