DESAIN RUMAH AGAR TAHAN DARI GUNCANGAN GEMPA, BNPB MENYARANKANNYA?

Seperti yang kita sudah ketahui sebelumnya bahwa gempa bumbi sering kali terjadi di Indonesia. Bahkan dalam 6 tahun belakangan ini, Indonesia sudah mengalami gempa yang cukup besar. Beberapa diantaranya ada yang menyebabkan tsunami seperti di Lombok, Palu dan Donggala. Apalagi posisi Indonesia yang berada tepat di cincin api pasifik sehingga bila gempa terjadi langsung bisa meruntuhkan bangunan.

Kerusakan rumah ini disebabkan karena konstruksinya bukan untuk tahan gempa. Disisi lain, sudah banyak desain rumah tahan gempa namun balum bisa terealisasikan. Apalagi pemerintah pun belum aware terhadap kondisi seperti ini dan masih minimnya pengentahuan masyarakat dan tukang, biaya, sehingga banyak yang belum menggunakannya. Untuk itu kita lihat yuk, rekomendasi dari BNPB seperti apa saja sih konstruksi rumah agar bisa tahan gempa?

1.Barrataga

Barrataga

Barrataga merupakan singkatan dari Bangunan Rumah Rakyat Tahan Gempa. Desainnya memang cenderung tradisional, tapi sudah terbukti bisa tahan dari guncangan. Konstruksi rumah ini dibuat seperti joglo dan pernah dibuat oleh pakar rekayasa gempa. Dimana dalam konstruksinya, mereka membuat kerangka yang terbuat dari beton kolom mulai dari bagian bawah, atas, lantai yang nantinya disambungkan dengan simpul supaya tidak patah. Lalu fondasinya pun dibuat setinggi 20cm agar lebih kuat dalam getaran. Untuk besi tulangnya, lebih kuat lagi bila menggunakan kayu.

2.Growing House

Growing House

Desain growing house ini bukan hanya bisa antisipasi terhadap gempa, tapi bisa juga ketika saat banjir. Rancangan ini dibuat oleh mahasiswa UGM yang menjadi perwakilan Indonesia saat mengikuti sayembara oleh pemerintah Jepang.

Desain rumahnya memiliki berbagai ruang yang tujuannya bisa dipakai untuk beraktivitas namun tidak melupakan fungsi utamanya. Dimana bagian luar bisa dipakai untuk olahraga, bercocok tanam. Rumah ini juga mengusung menggunakan panel surya dan tentunya sudah dibuat sebaik mungkin untuk segi keamanannya termasuk untuk para difabel. Pemerintah mengatakan bahwa desain ini menjadi desain terbaik untuk masalah gempa.

3.Dome

Dome

Jika dilihat dari bentuknya, desain rumah ini hampir mirip dengan rumah spongebob dimana bentuknya seperti setengah lingkaran yang lebih tinggi. Dome house ini pun mirip seperti seperti kubah dengan konstruksi yang terbuat dinding serta atapnya yang menjadi satu. Konstruksinya yang kokoh akan membuat rumah tahan dari goncangan karena mnggunakan bahan-bahan yang ringan.

Meskipun sedang gempa, rumah seperti ini akan berisiko kecil untuk runtuh. Tapi perlu diperhatikan lagi di bagian fondasi, kolom serta kuda-kuda atap harus lebih kuat.

4.RIKA

RIKA

RIKA merupakan singkatan dari Rumah Instan Kayu dimana konstruksinya menggunakan kayu. Kayu-kayu dipakainya merupakan kayu dari pohon karet, senon, akasia yang diolah kembali agar lebih kuat kualitasnya.

Proses pengolahan kembali ini menggunakan sistem LVL atau Laminated Venerr Lumber. Dimana nantinya kayu biasa direkatkan dengan kayu lapis sehingga menghasilkan kayu yang lebih keras. Karena yang namanya kayu pasti mudah lapuk, digigit rayap dsb, namun jika sudah melalui proses LVL semuanya akan lebih tahan lama. Desain rumah seperti ini diklaim bisa tahan dari gempa karena materialnnya yang lebih ringan.

5.Rumah Conwood

Rumah Conwood

Rumah yang dirancang dengan material serat fiber yang dicampur semen ini bisa lebih kuat, tahan dari guncangan serta tahan api. Bahkan rumah ini bisa dibuat dengan cepat karena menggunakan produk substitusi.

Materialnya yang lentur, membuat lebih fleksibel dan tahan terhadap goncangan. Sekalipun rumah ini ambruk, materialnya gak akan membahayakan. Bahkan desain ini juga bisa mendukung pemerintah untuk dalam program pembangunan rumah tanpa mengorbankan jutana pohon di Indonesia.

 

Bencana bisa datang kapan saja dan kita pun gak pernah tau akan sebesar apa. Meskipun kita punya rumah mewah yang kuat dengan segala bencana, tapi tetap saja aka nada kalanya rubuh bila takdir sudah menjawab. Untuk itu ada baiknya bisa lebih aware lagi agar dampak yang ditimbulkan pun tidak besar dan meninimalisir kerugian. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *