IDE DESAIN RUMAH YANG TEPAT DAN RAMAH UNTUK LANSIA!

Desain Rumah untuk Lansia

Tidak dapat dipungkiri bahwa umur akan terus bertambah dan kita pun akan menua. Ini memang sudah pasti terjadi secara alami dari dalam tubuh, dimana tidak hanya usia saja yang bertambah menjadi lebih tua. Tetapi juga perubahan pada fisik yang akan berubah dan terjadi secara alami. Tentunya kita tidak dapat menghindari pergantian usia yang terus bertambah ini, karena semua terjadinya memang sudah seperti seharusnya. Terkadang kita mendengar kalimat bahwa “nikmatilah hidup karena hidup Cuma sekali”, karena memang kalimat tersebut ada benarnya juga. Dimana hidup kita yang dijalani itu hanya satu kali, dimana umur yang kita lalui tersebut tidak akan dapat kita rasakan kembali.

Seperti saat masih muda, umur saat masih belasan rasanya itu masa – masa dimana memulai untuk menjadi orang dewasa dan seiring dengan bertambahnya usia menjadi 20an fase dimana kita sedang mencari jati diri dan mulai mengerti apa arti dari dunia. Karena pada usia tersebut kita sudah menginjak dewasa, dimana berbagai hal tentang orang dewasa mulai kita rasakan. Salah satu yang paling dirasakan adalah bekerja mencari uang. Tetapi itu semua akan terlalui dan masih ke umur lanjut usia, dimana kondisi fisik sudah tidak seprima dulu, kulit yang sudah mulai mengendur, dan beberapa perubahan lainnya. Maka dari itu untuk dapat menikmati masa tua kamu, ini dia ide desain rumah yang ramah dan tepat untui ditinggali lansia!

1.Menambahkan Pegangan

Menambahkan Pegangan

Karena kondisi fisik seseorang saat sedang berada di usia lanjutnya itu berbeda – beda. Ada yang sudah berumur 50 tahun tetapi masih sehat bugar, tetapi ada juga yang memang sudah kesulitan untuk berjalan. Rasanya memang menyulitkan disaat kaki sudah tidak sekuat  dahulu untuk dapat berjalan kesana kemari.

Maka dari itu agar kamu tidak merasa kesulitan saat sedang berada di rumah sendiri, untuk berjaga – jaga tambahkanlah pegangan untuk di dalam rumah. Kamu dapat menyimpan di beberapa area yang memang sering kamu lalui dan tentunya mudah dijangkau. Pegangan tersebut dapat menggunakan bahan besi, plastic atau pun kayu yang penting nyaman untuk kamu gunakana. Karena ini akan memberikan kemudahan untuk kamu dalam melakukan aktivitas.

2.Lantai yang Ramah

Lantai yang Ramah

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kondisi fisik dari umur yang sudah lanjut usia, tentunya tidak akan sekuat dan juga seaktiv saat masih mudah. Pastinya sangat merindukan ketika sedang di masa – masa itu bukan. Dapat melakukan aktvitas apa pun, rasanya semangat muda tersebut terbakar – bakar. Hanya saja sekarang sudah berbeda, maka dari itu buatlah lantai yang nyaman dan juga ramah untuk kamu lalui di setiap waktunya.

Karena dikhawatirkan bila menggunakan lantai yang tidak aman, bisa licin dan ini akan sangat membahayakan mereka yang lansia saat sedang melaluinya. Maka dari itu kamu dapat menambahkan karpet anti slip atau kamu dapat menggunakan lantai kayu yang landai.

3.Menghindari Tangga

Menghindari Tangga

Berjalan – jalan dengan jarak yang terlalu jauh saja rasanya sudah terasa melelahkan bukan. Seperti kaki ini sudah pegal dan tidak sanggup saja untuk melakukan hal tersebut, maka dari itu hindari adanya penggunaan tangga di dalam rumah. Karena ini akan sangat menyulitkan lansia dalam mengaksesnya. Lebih baik segala aktivitas itu dilakukan di lantai bahwa bagi mereka yang memang rumahnya memiliki dua lantai.

Karena saat sudah melakukan naik turun tangga ini yang dirasakan adalah sakit punggung serta kaki yang dirsakan.

Itulah beberapa ide desain yang ramah dan nyaman untuk lansia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *