7 JENIS PAGAR UNTUK MEMPERCANTIK TAMPILAN DEPAN RUMAH

Pemilihan pagar menjadi hal yang terpenting saat membangun rumah karena bisa memberikan kesan pertama bagi orang yang melihatnya. Pagar menjadi hal utama yang bisa dilihat oleh orang lain ketika sedang mengunjungi rumah karena berada di paling depan atau paling luar. Fungsi dari pagar ini bukan hanya menjadi keamanan bagi rumah saja, tapi juga sebagai pelengkap tampilan rumah agar semakin cantik.

Dengan begitu, pemilihan pagar haruslah tepat dan disesuaikan dengan model atau desain rumahnya. At least, jangan sampai bentuk rumahnya besar namun pagar yang dipakai hanya setinggi 1 meter.

Pagar sendiri memiliki ukuran standar dimana untuk keamanan biasanya memakai tinggi 1,7 hingga 2,5 meter. Tapi balik lagi, ukuran dan bentuk pagar harus disesuaikan dengan bentuk rumah agar sesuai dengan fungsinya.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi pilihan jenis pagar yang bisa dijadikan acuan dalam membangun rumah.

1.Pagar Kayu

Pagar Kayu

Pagar kayu ini bukan menandakan bahwa rumah tersebut tradisional ya, justru memiliki rumah dengan pagar kayu bisa membuat lebih simple dan tetap terlihat minimalis. Tapi perlu diingat bahwa gak semua kayu bisa dijadikan untuk pagar. Hanya kayu jati, merbau dan ulin saja yang bisa dijadikan pagar karena tahan terhadap air. Jangan takut jika akan memberikan kesan klasik, karena kamu bisa tambahkan besi agar lebih modern.

2.Pagar besi horizontal

Pagar besi horizontal

Meski lebih banyak yang menggunakan besi dengan desain vertical, cobalah sekali-kali menggunakan yang bentuknya horizontal. Karena selain bisa memberikan tampilan rumah lebih lebar, pagar jenis ini juga memberi kesan kedamaian dan ketenangan. Pilihlah warna hitam untuk kesan yang lebih minimalis. Lalu berilah pelapis anti karat agar tahan terhadap hujan.

3.Laser Cut

Laser Cut

Untuk kamu yang ingin punya pagar lebih artistic, cobalah untuk menggunakan teknik laser cutting. Teknik ini bisa dipakai untuk mendesain besi dan kayu yang didesain melalui program komputer. Sehingga kamu pun bisa membuat secara custom dan sesuai dengan keinganan.

4.Wire Mesh

Wire Mesh

Jika kamu punya konsep rumah yang lebih industrial, misalnya membiarkan tembok seperti sehabis di semen dan batu bata yang tertata di depan rumah, cobalah untuk menggunakan pagar jenis ini. Wire mesh sendiri merupakan kawat yang dianyam dan membentuk lmebarang. Selain dijadikan sebagai pager, wire mesh pun sering dipakai partisi di luar rumah.

5.Corten Steel

Corten Steel

Material ini mirip seperti besi namun sifatnya lebih tahan korosi. Meski terlihatnya kumuh, tapi memang benar adanya karena tujuan pemakaian corten steel ini agar hemat dalam biayanya sehingga gak perlu dilakukan cat.

6.Pagar hitam vertical

Pagar hitam vertical

Rumah dengan bentuk pagar vertical akan memberi kesan jenjang dan lebih enak dilihat. Karena warna hitam akan cocok dengan model rumah apapun sehingga terlihat lebih kokoh. Selain minimalis, pagar hitam juga tampak lebih modern dengan warna yang basic. Bentuk pagar seperti ini juga yang sering dipakai oleh rumah-rumah minimalis.

7.Pagar besi yang nempel pada keramik

Pagar besi yang nempel pada keramik

Tampilan rumah seperti ini akan terlihat mewah karena terdapat keramik yang menjadi sanggahan pagar besi. Perpaduan warna kramik yang  mengkilap dan warna pagar besi yang matte membuat tampilan semakin elegan namun tetap minimalis. Yang terpenting harus bisa memilih warna kramik dan warna pagarnya.

 

Itulah 7 inspirasi jenis-jenis pagar yang bisa di implikasikan pada rumahmu dimasa depan. Sudah kepikiran mau pakai pagar seperti apa?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *