JENIS-JENIS UBIN YANG PERLU DIKETAHUI UNTUK MEMPERCANTIK RUMAH

Jenis Ubin
Memilih ubin memang haruslah yang tepat dan harus dilihat dari setiap fungsinya. Pemasangan ubin berada di step finishing pada pembangunan rumah. Sehingga diharapkan dalam memilih jenis ubin ini bisa mereperentasi dari desain rumah secara keseluruhan. Dengan banyaknya jenis ubin yang tersedia, dibedakan dari bahan pembuatannya dan juga fungsi dari ubin tersebut. Pilihan jenis ini tentunya bisa menjadi bahan pertimbangan dan disesuaikan dengan budget. Konsep rumah pun sangat mempengaruhi ubin, jadi diharapkan untuk memilih ubin sesuai dengan karakter dan selera pemilik rumah.

1.Ubin Granit

Ubin Granit
Ubin granit memiliki bobot terberat juga harga yang sangat mahal. Ubin jenis ini akan memudahkan pemiliki rumah dalam hal perawatannya dan juga punya daya serap yang kecil. Permukaannya yang cenderung halus dan selalu mengkilap, menjadi keunikan dari ubin granit. Biasanya ubin jenis ini digunakan pada rumah-rumah mewah dan tentunya sangat kuat. Untuk menggunakan ubin granit ini perlu modal yang cukup besar.

2.Ubin Batu

Ubin Batu
Ubin batu memiliki permukaan yang kasar dan juga lebih tebal. Biasanya ubin jenis ini dipakai untuk di kamar mandi atau di halaman, untuk menghindari yang licin. Ubin batu ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama karena lebih kuat dan juga tak mudah pecah. Ubin seperti ini juga bisa dipasang di sisi-sisi kolam renang sehingga terasa seperti di alam.

3.Ubin Keramik

Ubin Keramik
Ubin jenis ini sangat populer dan banyak digunakan di Indonesia. Selain polos, ubin keramik memiliki motif dan warna yang sangat banyak. Harganya pun sangat terjangkau, bahkan mungkin mayoritas rumah-rumah di Indonesia pakai ubin jenis ini. Bahan dasar membuat ubin yaitu dari campuran air, pasir dan tanah lempur yang dibakar dan dicetak sesuai ukuran standar. Lalu ubin tersebut harus dikeringkan terlebih dahulu sebelum di poles dengan glasur agar permukaan bisa lebih mengkilap. Uniknya, ubin keramik bisa membuat rumah lebih sejuk.

4.Ubin Tegel

Ubin Tegel
Tak hanya ubin keramik saja, ubin tegel juga menjadi ubin yang sering dipakai di Indonesia. Ukuran dari ubin ini cenderung lebih kecil dan memiliki motif klasik yang sangat beragam. Ditambah lagi dengan sentuhan warna yang cerah. Pembuatan tegel ini dari campuran pasit beton dan semen sehingga membuatnya lebih kuat. Untuk pemasangannya pun perlu ketelitian karena setiap ubin memiliki corak yang berbeda, sehingga nanti hasilnya membentuk suatu pola.

5.Ubin Marmer

Ubin Marmer
Sama hal seperti granit, ubin marmer ini terkenal sangat mahal. Bahan pembuatan ubin ini terbuat dari batu pualam. Ubin jenis ini lebih sering dijadikan lapisan dinding rumah ketimbang untuk lantai. Motifnya yang sangat elegan sehingga rumah akan terlihat lebih mewah. Permukannya mengkilap dengan sentuhan motif yang khas, membuat banyak orang ingin menggunakan ubin ini.

6.Ubin Kayu

Ubin Kayu
Ubin kayu terkenal dengan harga yang cukup mahal. Perawatannya pun tak bisa sembarangan dan perlu desain rumah yang khusus agar sentuhan ubin ini menjadi lebih estetik. BJenis-jenis kayu yang dipakai pun ada beberapa macam seperti kayu merbau, kayu jati, kayu engineering  dan kayu laminate.

7.Ubin Lantai Vinyl

Ubin Lantai Vinyl
Ubin vinyl ini bisa menjadi alternatif bila punya budget rendah tapi tetap ingin model lantai kayu. Dengan bahan polyvinyl chloride membuat ubin jenis ini punya permukaan yang lebih halus. Ubin ini juga bisa menciptakan kesan yang lebih modern dan juga terlihat seperti furturnistik. Jadi perlu diperhatikan lagi dalam memilih ubin yang tepat, carilah jenis yang sesuai dengan konsep rumah dan pikirkan juga dalam anggarannya. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *