Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Menaruh AC

Memasang AC di dalam kamar tidur telah menjadi hal yang lumrah yang dilakukan oleh banyak orang di rumahnya, demi mendapatkan kamar tidur yang sejuk dan lebih nyaman.

Namun, pemasangan AC di kamar tidur tak boleh sembarangan, karena harus disesuaikan dengan posisi kamar sehingga haslinya makimal dan baik untuk kesehatan.

Aktivitas tidur merupakan salah satu kunci mudah menuju hidup sehat. Tak heran bila banyak orang menginginkan ruang tidur dengan suasana nyaman.

Hal ini bisa dicapai dengan aplikasi AC, yang dapat mengatur temperatur ruang sesuai keinginan penghuni. Biasanya, temperatur ideal bagi tubuh manusia adalah 24 derajat C.

Namun, sayangnya, peletakan AC—terutama di ruang tidur—seringkali ditentukan secara asal-asalan.

Padahal, posisi AC yang salah dapat mengakibatkan gangguan pada kesehatan keluarga kita. Tak hanya berpengaruh pada kesehatan, kesalahan peletakan pun dapat menyebabkan kerusakan pada bagian-bagian AC kita.

Karena itulah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kalian memasang AC.

 

1.Jangan Mementingkan Estetika Dan Jangan Hadapkan Langsung Dengan Tempat Tidur

Jangan Mementingkan Estetika Dan Jangan Hadapkan Langsung Dengan Tempat Tidur

Tak sedikit orang memasang AC agar tampak bagus dan sekedar untuk memperindah ruangan, tujuannya juga untuk estetika.

Namun, tahukan kalian jika memasang AC yang salah justru akan berakibat buruk untuk kesehatan kalian sendiri.

Jika AC dihadapkan langsung ke tempat tidur, mungkin rasa sejuk akan langsung terasa. Namun, posisi itu kurang tepat dan juga berbahaya bagi tubuh.

Posisi AC yang berdekatan dengan tubuh saat sedang menyala akan menyebabkan kulit mudah kering. Masuk angin juga bahkan bisa mengganggu saluran pernapasan pada paru – paru.

Selain itu, pintu dan jendela yang terbuka juga bisa menyebabkan udara panas masuk ke kamar sehingga bisa mengakibatkan AC milik kalian harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan udara dingin.

Hal ini juga menyebabkan pemborosan listrik dan malah akan membuat AC lebih cepat rusak. Karena itu, tak menghadapkan AC pada bagian yang bisa menghasilkan banyak udara panas merupakan hal yang tepat untuk dilakukan dan membuat AC bisa bekerja maksimal serta tetap awet.

 

2.Posisi AC

Posisi AC

Posisi terbaik untuk meletakkan AC di dalam kamar tidur adalah menyejajarkan dengan kaki tempat tidur.

Posisi menjadi yang paling tepat karena tidak langsung mengenai kepala maupun badan. Posisi AC ini juga agak jauh dari telinga sehingga tidak akan terganggu dengan suara yang dihasilkan oleh AC indoor.

Dengan memerhatikan posisi peletakan AC ini, maka tubuh akan terlindungi dari efek angin dingin hembusan AC secara terus menerus, sehingga tidak memengaruhi kesehatan.

Selain itu, berikan pula jarak dengan lantai dan plafon. Fungsinya adalah agar hawa dingin yang dikeluarkan tak langsung mengenai tubuh yang bisa mengganggu kesehatan.

Pasang AC di ketinggian kurang lebih 250 cm jaraknya dari lantai atau minimal 30 cm lebih tinggi dari tinggi badan.

Lalu beri jarak dengan atap sekitar 15 cm, agar sirkulasi udara yang masuk tetap lancar dan tidak menghambat kualitas udara yang dikeluarkan. Memberikan jarak pada AC juga berfungsi untuk menjauhkan dari jangkauan anak-anak yang mungkin penasaran.

 

Itulah beberapa tips yang harus kalian ketahui sebelum kalian meletakkan AC di dalam kamar kalian. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian yang ingin memasang AC baru di kamar kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *