Rekomendasi Pintu untuk Rumah Anda

Pintu merupakan komponen yang tidak boleh dilupakan dari rumah. Selain berfungsi untuk melindungi rumah, kini banyak orang yang juga memikirkan segi keindahan pintu agar semakin menunjang tampilan rumah mereka. Itulah yang membuat banyak jenis pintu yang kini bisa kita temukan di pasaran.

Selain dari segi desainnya, Anda juga harus memerhatikan dari segi material pintu tersebut dan juga budget berapa yang dibutuhkan jika ingin membangun rumah dengan menggunakan pintu jenis tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis pintu yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum memilihnya sebagai pintu rumah Anda.

Jenis Pintu Berdasar Bahannya

1.Pintu Kayu

Pertama yang kami rekomendasikan adalah pintu dengan material kayu, ini merupakan pintu yang sangat cocok untuk digunakan pada segala jenis rumah. Selain itu pintu jenis ini juga memiliki banyak bentuk karena memang kemudahannya untuk dibentuk dan diukir. Rumah akan tampak natural ketika menggunakan jenis pintu ini.

Kayu merupakan bahan yang tahan akan berbagai jenis cuaca, ini membuat pintu kayu lebih tahan lama. Tetapi kalau Anda memutuskan untuk menggunakan jenis pintu ini, pastikan engsel yang menahan pintu kuat karena kayu merupakan bahan yang berat, jadi memerlukan kusen yang kokoh untuk menggunakan pintu jenis ini pada rumah ini. Selain itu kayu juga rentan untuk lapuk.

  1. Pintu Panel

Berikutnya ada jenis pintu panel yang biasanya terbuat dari beberapa komponen panel kayu, seperti misalnya blockboard, MDF, dan juga beragam jenis lainnya. Banyak orang yang memilih jenis pintu ini karena harganya yang terjangkau dan juga  desainnya fleksibel juga bisa dikreasikan.

Pintu panel juga tidak selalu kayu, biasanya ada beberapa jenis pintu panel yang mengombinasikan bahannya dengan penggunaan material kaca.

  1. Pintu Fush

Masih dari jeni pintu kayu, kali ini ada pintu Fush yang pintunya tertutup dengan tripleks 3 mm yang kemudian akan dilapisi dengan veneer/ HPL/ cat Duc. Keuntungan dari pintu ini adalah ia memiliki bobot yang ringan karena di bagian tengahnya yang kosong, tetapi kadang ada beberapa pintu dengan jenis ini yang diisi dengan kertas gabus atau honeycomb.

Biasanya banyak orang yang memilih untuk menggunakan pintu ini di bagian dalam rumah dan dilakukan penyesuaian dengan finishing agar lebih sempurna. Ini adalah pintu yang lebih mementingkan kepada fungsinya dibandingkan dengan gaya atau keindahan.

  1. Pintu Kaca

Ada beberapa orang yang menggunakan kaca lebih sebagai pembatas antara bagian dalam rumah dengan bagian luar. Bagian luar ini sendiri umumnya merupakan bagian taman rumah agar dari dalam pun kita tetap dapat melihat keindahan taman. Selain itu dengan pintu kaca ini sinar matahari juga bisa dengan lebih mudah untuk masuk ke dalam rumah.

Pintu kaca yang tembus pandang ini memiliki kekurangan, yaitu tingkat privasi di dalam rumah menjadi lebih rendah. Tetapi ini tetap bisa disiasati dengan penggunaan gorden atau kaca buram. Biasanya mereka yang memilih jenis pintu kaca, menggunakan kaca tempered material karena tingkat ketahanan yang dimiliki jenis kaca ini 5 kali lebih kuar. Selain itu kaca ini jika pecah akan berbentuk bola-bola, jadi lebih meminimalisir kemungkinan bahaya yang terjadi.

 

Itulah beberapa jenis pintu yang sering digunakan untuk rumah-rumah. Pilihlah pintu yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda agar rumah semakin menjadi tempat yang nyaman untuk hidup Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *