Solusi Mengatasi Rumah Banjir Kala Hujan Tiba

Solusi Mengatasi Rumah Banjir Kala Hujan Tiba

Permasalahan banjir memang tidak kunjung selesai, oleh karena itu solusi mengatasi rumah banjir kala hujan tiba perlu kita ketahui. Banjir yang kerap terjadi didaerah yang padat penduduk seperti Jakarta sudah terjadi sejak puluhan tahun lalu.

Meski sudah puluhan tahun lamanya, solusi yang benar-benar efektif untuk mengatasi datangnya banjir tak kunjung membuahkan hasil yang signifikan. Ditambah lagi dengan permukaan air laut yang setiap tahunnya mengalami kenaikan efek dari pemanasan global membuat situasi semakin buruk.

Banjir yang kerap melanda kota-kota di Indonesia bagaikan langganan yang datang setiap tahunnya, curah hujan yang deras serta sampah yang menyumbat aliran sungai menjadi penyebab utama terjadinya banjir.

Untuk mensiasati hal ini, terdapat beberapa solusi yang perlu kita terapkan agar rumah kita tidak terendam banjir disaat musim pengjhujan. Tanpa panjang lebar, langsung saja kita lihat ulasan dibawah ini.

Solusi Mengatasi Rumah Banjir Kala Hujan Tiba

Kenakan Pavling Block Sebagai Lantai Halaman

Kenakan Pavling Block Sebagai Lantai Halaman

Untuk mengatasi banjir masuk rumah Anda bisa mengenakan pavling block dibagian halaman rumah. Dengan penggunaan pavling block ketimbang semen cor, maka air yang datang akan lebih mudah terserap kedalam tanah, sehingga ini akan meminimalisir banjir masuk rumah.

Selain dapat membuat resapan air menjadi lebih cepat, penggunaan pavling block juga dapat mempercantik halaman rumah yang menimbulkan nilai estetika.

Buat Sumur Resapan Dan Biopori

Buat Sumur Resapan Dan Biopori

Cara mengatasi banjir bisa juga dengan menyediakan sumur resapan ataupun beberapa biopori disudut halaman. Dengan kedua hal ini maka seharusnya genangan air tidak mudah masuk kedalam rumah, karena lebih cepat teresap kedalam tanah.

Jika Anda merasa membuat sumur resapan memerlukan biaya yang mahal, maka paling tidak Anda menyiapkan Biopori dihalaman rumah Anda. Dimana caranya lebih praktis dan ekonomis ketimbang sumur resapan.

Selalu Bersihkan Selokan Secara Rutin

Membersihkan selokan agar aliran pembuangan tidak mampet merupakan hal yang penting dilakukan agar rumah bisa terhindar dari banjir.

Bayangkan apabila selokan didekat rumah Anda mampet ? Bagaimana caranya air dapat mengalir ketempat selanjutnya ? Jika hal ini tidak ditangani, maka saat hujan tiba pastilah akan terjadi banjir.

Hindari Permukaan Rumah Lebih Rendah Dari Jalan

Hal yang sangat penting untuk tetap menjaga rumah Anda tetap nyaman dan bebas banjir adalah menghindari permukaan rumah yang lebih rendah dari pada jalanan. Karena jika permukaan rumah Anda terlalu rendah dari jalanan, maka kemungkinan air akan masuk kedalam rumah Anda.

Kemungkinan air keluar dari permukaan lantai (rembes) juga dapat menyebabkan rumah Anda tergenang banjir sehingga menyebabkan beberapa properti menjadi rusak.

Baca Juga : Beberapa Keuntunga Tinggal Dihunian Apartemen

Solusinya adalah Anda harus meninggikan permukaan rumah Anda, agar permukaan rumah Anda bisa lebih tinggi dari jalanan, sehingga kemungkinan banjir menggenangi rumah Anda semakin kecil.

Disiplin Membuang Sampah Pada Tempatnya

Cara satu ini merupakan suatu hal dasar yang harus disiplin kita terapkan agar kawasan dimana kita tinggal bisa bebas dari banjir. Karena hanya ada 2 penyebab utama dari banjir, yang pertama adalah curah hujan ekstrim, dan yang kedua adalah sampah yang menyumbat saluran air.

Oleh karena itu, jika kita tidak ingin banjir terjadi, mari terapkan kedisiplinan untuk membuang sampah pada tempatnya.

Banjir memangĀ  menjadi persoalan setiap tahun bagi kita, walaupun demikian kita masih tetap memiliki cara untuk mensiasati banjir yang selalu datang setiap tahunnya. Beberapa solusi diatas memungkinkan kita semua terhindar dari persoalan banjir, dengan menerapkan solusi diatas maka niscaya rumah kita akan terhindar dari permasalahan banjir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *