Tips Denah Minimalis Sesuai Feng Shui

Rumah menjadi asset yang palng penting. Oleh karena itu ada banyak hal yang perlu kalian perhitungkan saat merancang desainnya.

Bukan hanya arsitektur dan interior, denah rumah juga tak kalah penting diperhatikan. Denah rumah minimalis perlu didata sebaik mungkin agar bisa memberikan keberuntungan pada seluruh penghuni.

Bukan hanya dibuat berdasarkan keindahan atau estetika, perencanaan desain rumah minimalis yang dirancang menurut Feng Shui juga dipertimbangkan setiap elemen peletakkan ruangan yang satu dengan yang lainnya.

Feng Shui itu sendiri merupakan ilmu topografi asal Tiongkok yang memberikan pengaruh besar dan positif bagi aspek – aspek kehidupan. Terutama dalam hal membangun rumah,

Feng Shui dalam denah rumah minimalis menerapkan tata letak terbaik agar bisa menciptakan hunian yang bisa berfungsi dengan baik dan nyaman.

Selain itu, ilmu Feng Shui dalam mendesain rumah juga dipercaya bisa membuat hunian terlihat lebih sehat dan rapi.

Oleh karena itu, bagi kalian yang berencana membangun rumah minimalis, bisa mempertimbangkan tips – tips Feng Shui.

 

1.Jalan Masuk

Jalan Masuk

Pintu masuk menjadi kesan pertama seseorang dalam sebuah rumah minimalis. Pastinya tak ingin kan jika seseorang yang baru pertama kali ke rumah kalian sulit menemukan letak pintu masuk, sulit mencari letak bel pintu, atau melihat pemandangan pintu masuk yang tak bersih.

Menurut Feng Shui akan lebih baik jika ada jalan setapak yang mudah diikuti dari depan rumah ke pintu masuk. Selain itu, pintu depan tersebut harus ditata secara terbuka dan luas.

Kalian juga harus menghindari tembok atau tangga yang kurang dari enam kaki dari pintu masuk. Perhatikan juga apakah pintu depan mendapatkan cukup cahaya yang baik. Hindari rumah dengan pintu lain atau jendela besar tepat di seberang pintu depan.

 

2.Penempatan Kamar

Penempatan Kamar

Feng Shui meneaskan agar tidak sembarangan menata detail ruangan ketika membangun rumah. Posisi terbaik untuk dapur, ruang tamu, dan kantor ada di dekat pintu depan rumah.

Karena, di sini keluarga bisa menghabiskan waktu bersama, serta menyambut tamu dan pengunjung. Sehingga lebih baik jika dibangun dekat pintu depan.

Sedangkan, area pribadi seperti kamar tidur lebih baik ditempatkan di bagian belakang rumah. Secara tradisional, anggota keluarga tertua seperti kakek atau nenek tinggal jauh di belakang.

Semakin jauh berada di belakang, maka semakin banyak keamanan, kekuatan, dan ketenangan yang dimiliki. Karena itu, penempatan kamar sebaiknya jauh dari ruang public seperti ruang tamu.

 

3.Posisi Komando

Posisi Komando

Tempat tidur, meja, dan kompor merupakan tiga lokasi paling berpengaruh di rumah menurut Feng Shui.

Tempat tidur adalah ruang beristirahat dari segala aktivitas, meja menjadi tempat kalian dan keluarga makan bersama, sedangkan kompor merupakan tempat kalian memasak.

Oleh karena itu, tiga lokasi itu harus dalam posisi komando atau posisi terbaik. Tempat tidur juga harus ditempatkan pada posisi yang memungkinkan kalian melihat pintu.

Secara psikologis, sulit untuk bersantai dengan membelakangi pintu, dan kalian akan selalu berada dalam mode lawan atau lari.

Hormone stress akan bekerja, membuat kalian tak bisa memulihkan tubuh dengan sempurna selama tidur.

 

Itulah beberapa tips mengatur rumah minimalis agar sesuai dengan Feng Shui. Tentu saja hal ini tergantung pada kepercayaan kalian saja.

Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat teurtama bagi kalian yang saat ini mungkin sedang membangun rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *