Tips Desain Rumah Yang Sejuk dan Alami

Sebagian besar wilayah di Indonesia memiliki suhu udara dan kelembaban yang tinggi. Hal ini menyebabkan suasana rumah kebanyakan panas dan kurang nyaman.

Cuaca panas membuat banyak orang akan lebih nyaman berada di dalam rumah, apalagi jika memiliki rumah yang sejuk.

Oleh karena itu, banyak orang yang memanfaatkan AC dan kipas angin sebagai alat pendingin ruangan.

Ternyata, keadaan ini bisa diantisipasi dengan perencanaan sistem pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik.

Nah, selain menggunakan pendingin ruangan seperti ini, kalian juga bisa membuat rumah kalian terasa lebih sejuk dengan beberapa cara.

Ada beberapa langkah yang bisa kalian lakukan. Yang pertama adalah upayakan jumlah dan jenis media pencahayaan serta ventilasi cukup, seimbang dan sesuai dengan luas ruangan. Hal ini dimaksudkan agar terjadi keseimbangan yang akan diterangi dan didinginkan.

Optimalkan pula sirkulasi udara alami dan pencahayaan alami dalam ruangan dengan membuat desain jendela dua bukaan dan ukuran berbeda.

Bagian bawah lebih besar untuk cahaya dan udara lalu bagian atas lebih kecil untuk memaksimalkan pertukaran udara.

Untuk mengontrol intensitas cahaya matahari yang masuk, bisa menambahkan jalusi pada dinding lain di bawah plafon. Sehingga aliran udara akan tetap lancar namun intensitas cahaya yang masuk bisa terkendali.

Meletakkan tanaman di dalam rumah atau membuat taman di halaman rumah juga bisa membantu menyejukkan ruangan. Selain membuat rumah terasa lebih sejuk, pemandangan pun akan lebih segar dengan warna hijau dari tanaman.

Kedua, Prioritaskan ruang – ruang yang membutuhkan sinar matahari dan sirkulasi udara langsung. Seperti ruang – ruang utama. Kamar tidur, ruang makan, dan ruang keluarga.

Lalu, gunakan bahan pintu yang aman dan tidak menimbulkan panas serta silau dari pantulan sinar matahari maupun lampu. Hindari penggunaan alumunium karena tidak dicoting.

Tinggikan plafon hingga 3 meter. Hal ini bisa membantu mempercepat pergerakan udara panas. Karena udara panas lebih ringan dari pad audara dingin, sehingga udara panas bisa terdorong keluar melalui lobang ventilasi di bagian atas. Kenyamanan ruangan pun bisa bertambah secara alami.

Cahaya matahari yang langsung masuk melalui jendela mungkin akan membuat rumah terasa lebih panas, kalian bisa mengatasi hal ini dengan memasang tirai atau gorden untuk mengurangi panas matahari yang masuk. Berbagai motif menarik juga bisa mempercantik ruangan kalian.

Ketiga, warna yang gelap bisa menyerap sinar matahari. Karena itulah, mengaplikasikan warna cerah pada dinding kalian bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi panas matahari. Pilihan seperti warna putih, biru, krem, dan hijau bisa menjadi pilihan yang menarik.

Untuk tambahan, kalian bisa menambahkan kolam di rumah kalian. Suara gemercik air bisa menambah nuansa sejuk dan tenang bagi penghuni rumah.

Buatlah kolam kecil dengan menambahkan rumput serta beberapa tumbuhan di sekitarnya. Selain akan membantu menambah nilai estetika, rumah kalian juga akan terasa lebih sejuk.

 

Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk membuat rumah lebih terasa nyaman dan sejuk karena penempatan yang tepat.

Tentu saja hal ini pasti akan membuat kita sebagai penghuni rumah lebih nyaman berada di dalam rumah bersama dengan keluarga kita.

Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian yang saat ini sedang mencari cara bagaimana untuk membuat rumah kalian lebih terasa sejuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *